http://www.usahaweb.com/idevaffiliate.php?id=11792

Komunitas

AXIS Salam

Sinergi Operator & Komunitas Islam

SEBAGAI operator baru Axis terbilang agresif. Penetrasi pasarnya dilakukan tak hanya dengan memanfaatkan media, tapi juga mendekati berbagai komunitas dengan menawarkan kebutuhan mereka, mulai dari mensponsori acara hingga menyediakan content telekomunikasi yang sesuai dengan kebutuhan komunitas.

Untuk kalangan muda Axis tak tanggung-tanggung dengan menggelar event musik seperti soulnation beberapa waktu lalu. Pagelaran musik musik beraliran R & B yang aja menghadirkan pelantun dalam dan luar negeri. Hanya dalam tempo beberapa pekan Axis juga mensponsori pergelaran penyanyi asal AS Rihanna.

Di sisi lain Axis juga membidik segmen lain. Sejak diluncurkan 28 Agustus, sejumlah komunitas muslim menginduk ke AXIS Salam, sebut saja Majelis Az Zikraa (Komunitas Zikir Arifin Ilham), Daarut Tauhid (Komunitas AA Gym), Tazkia (komunitas Dr. M Syafii Antonio), Radix Training Center (komunitas Tasawuf Ustadz Wahfiudin), Irena Centre (komunitas mualaf pimpinan Irena Handono), Komunitas Cinta Rasulullah (Hadad Alwi), Kelompok Super Memory Asmaul Husnah (SMASH), Komunitas Cinta Ilahi dan Klub Majalah Noor.

Umumnya komunitas religi ini mencari intisari agama melalui pendekatan hati (qalbu). Ada yang yakin bahwa manusia mampu mengatasi persoalan kehidupan dan menyembuhkan penyakit jika ia menjaga hatinya tetap bersih. Kemunculan komunitas religi ini merupakan fenomena post modern yang juga terjadi di dunia Barat. Mereka yang bergabung banyak yang datang dari strata berpendidikan tinggi.

Pencerahan Umat

Bagi komunitas Islam kehadiran AXIS Salam ini membantu kelancaran dakwah, menyebarkan kegiatan masing-masing komunitas dan memperluas siltaturahmi. Hal ini terjadi karena AXIS Salam menyediakan layanan SMS Tausyah gratis yang berlaku selama dalam kondisi aktif. Antarkomunitas bisa membangun networking dan saling berkomunikasi. Logo komunitas juga tercetak di kemasan kartu AXIS Salam.

“Lewat AXIS Salam kami bisa memberikan pencerahan pada muslimin dan muslimat dengan biaya terjangkau. Selain itu ada unsur empowerment (pemberdayaan). Saat ini Indonesia membutuhkan semangat juang,” ujar Dr. M. Syafii Antonio.

Seperti yang diungkapkan Paras. M. Nasution kerjsama AXIS Salam dengan beberapa komunitas Islam ini merupakan wujud pemberdayaan ekonomi umat di mana melalui akses permodalan dan kewirausahaan, komunitas Islam bisa menjadi mitra distribusi AXIS Salam.

“Insya Allah, sistem ini menjadi alternatif lokomotif dakwah Islam di luar zakat, infaq, dan sedekah,” ujar Vice President & sales distribution AXIS ini kepada wartawan.

Pimpinan Irena Center, Irena Handoyo, juga menyambut baik kehadiran AXIS Salam. Pimpinan komunitas pembinaan mualaf ini yakin dapat menyebarkan kajian peradaban dan informasi faktual yang mungkin tak ada di media, namun penting bagi umat Islam.

Peluncuran kartu perdana AXIS Salam edisi Komunitas Islam merupakan bagian dari acara yang digelar di Balai Kartini yang bertajuk Sinergi Membangun Dakwah, beberapa waktu lalu. Masing-masing komunitas yang menjadi bagian jaringan membuka bazar. Selain itu ditampilkan peragaan busana muslim 2009 dan parade musik Islami. Acara ini boleh dibilang semacam gathering antarkomunitas Islam.

Saat ini AXIS menyediakan berbagai Aplikasi dan Konten Islami. Ringtone yang ditawarkan misalnya, Selamat Hari Raya dan berbagai lagu qasidah. Aplikasi Islami di sini berupa mengingatkan azan, jadwal sholat, Qur’an Mobile, info Ramadhan. Bahkan, terdapat screen saver, wallpaper, dan game yang bernuansa Islam. Pada kesempatan lain Chief Marketing Officer AXIS, Johan Buse mengatakan, seluruh pelanggan AXIS Salam yang bergabung sebelum 31 Desember 2008 akan mendapat kesempatan untuk mewujudkan salah satu impian terpenting kaum muslimin: menunaikan ibadah haji atau umroh. "AXIS Salam menawarkan Rp 1/SMS dan panggilan Rp 1/detik ke sesama AXIS. Untuk itu kami memberikan kesempatan dua orang pelanggan (satu paket berlaku untuk dua orang) untuk menunaikan ibadah haji dan 50 pelanggan lainnya berkesempatan umroh," ujar Johan. AXIS juga menawarkan paket Promosi Haji Salam yang diluncurkan 4 November lalu. Paket ini memberikan layanan SMS dengan tarif SMS dari Arab Saudi ke Indonesia Rp 1.200/SMS ke semua operator. Sementara untuk panggilan dari Arab Saudi ke Indonesia biayanya hanya Rp 8.700/menit ke semua operator. irvan sjafari

--------------------------------------------------------------------------------------------------------

Apa Kata Mereka

Euis Rahayu, 23

Komunitas Cinta Ilahi

DENGAN memakai kartu Axis, saya mendapatkan beberapa content religi. Waktu azan aku juga bisa diperingatkan. Yang pasti sudah efektif, lebih murah lagi. Banyak content berkesan, di antaranya aku banyak mendapatkan informasi yang up to date, edukatif, dan bisa menggugah hati. Di komunitas Cinta Ilahi saya mendapatkan content kesehatan yang sesuai dengan syariah.

Atmosfer religi di komunitas Cinta Ilahi ini kuat banget. Kita berinteraksi dengan siapa pun. Terus kita bisa mengobati hati, di mana pun, kapan pun ketika gundah, kita bisa mengobati diri sendiri langsung dengan Allah, tak dengan siapa pun. Kita juga road show ke berbagai mesjid selain di sekretariat kami di Jati Bening.

Mia Jusriasari, 30

Komunitas Daarut Tauhid

YANG jelas content yang ditawarkan Axis ada sifat kebersamaannya. Nilai lebihnya itu dakwah tak identik dengan mahal. SMS digratiskan dan ada fitur-fitur lain juga. Ada kemudahan pengingat ibadah seperti sholat. Kesan saya konten Axis murah. Saya sendiri menyukai SMS hikmah.

Selama ini SMS berlangganan itu mahal. Sementara dengan pola dakwah gratisakan makin banyak yang mengakses. Dan, ini tentu lebih bagus lagi.Kalau ditanya mengapa memilih Daarut Tauhid analoginya begini, Sholat sendirian dan sholat berjamaah, maka lebih utama sholat berjamaah. Sama, dadi dakwah berjamaah lebih maksimal dibandingkan dakwah sendirian. Nanti dengan mempergunakan Axis kita menyampaikan kajian rutin hingga kegiatan dakwah sosial.

Yudi Muttaqin, 25

Komunitas SMASH

LUAR biasa konten Axis ini. Saya melihat Axis mengeluarkan produk yang berbeda dengan provider lain. Ini suatu langkah yang menurut saya sangat inovatif. Luar biasa! Program Axis yang berkesan adalah Rp 1 yang Sabtu-Minggu itu menarik banget. Padahal, waktu itu week-end, bisa menelepon keluarga murah banget. Terus ada produk murah telepon ke luar negeri Subhanallah ! Begitu juga pemanfaatan komunitasnya juga bagus.

SMASH itu paguyuban. Kita punya produk pelatihan. Suatu metode penghafalan asmaul husnah dalam waktu tiga jam. Itu lebih fokusnya. Alumni kita sekitar 17 ribu orang di seluruh Indonesia, baik swasta dalam hal ini perusahaan, maupun publik reguler. Saya sendiri mengikuti SMASH karena misi syiar atau dakwah yang insya Allah bermanfaat buat orang banyak. Kita juga cari silaturahim dengan sesama masyarakat yang baru kita kenal. irv

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BISNIS TANPA MODAL